Cara Membuat Sabun dengan Ramuan Sederhana

Pada tulisan ini kita akan belajar Cara Membuat Sabun dengan Ramuan Sederhana. Pada postingan sebelumnya kita sudah membuat hand sanitizer . Naah, apakah anda suda siap untuk memulainya?. Baiklah mari kita mulai dari sekarang!.

Bahan-bahan yang diperlukan

Pada Paragraf ini saya akan memberikan rahasia bahan yang akan kita butuhkan. Pertama yang anda butuhkan hanyalah minyak nabati. Bahan yang kedua adalah gelas ukur. Fungsinya adalah sebagai pengukur banyaknya cairan yang akan dipanaskan denganmenggunakan kompor. Tetapi sangat sulit untuk mendapatkan suhu yang tepat. Hal ini terjadi untuk mengetahui suhu yang Anda inginkan saat memasak sabun sekitar 100 derajat. Ketiga anda membutuhkan kacamata, pengaman sarung tangan lengan panjang dan celana panjang. Barang tersebut dipakai karena alkali sangat pedas dan dapat melelehkan kulit Anda, jadi saat mengerjakannya, Anda bisa melakukannya sangat berhati-hati.

Mari kita mulai prosesnya

Cara Membuat Sabun dengan Ramuan Sederhana ini juga membutuhkan 16 ons minyak sayur. Anda harus sangat berhati-hati dalam bekerja dengan alkali yang ingin Anda ukur. Kita hanya memiliki di bawah delapan ons air dan saya akan mengukur dua ons. Jika Anda memiliki timbangan dapur yang bagus dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan plastik. Apabila menggunakan logam alkali yang bersifat kaustik, maka akan menghancurkan apa yang disentuhnya terutama logam.

Keamanan dalam bekerja

Anda harus menggunakan sarung tangan saat bekerja. Kemudian kita akan mengukur bahannya dua ons di sini. Sekarang langkah selanjutnya Anda harus sangat berhati-hati saat mencampur alkali Anda ke dalam air. Anda harus menuangkan air ke dalam larutan alkali Anda sedikit demi sedikit. Sekarang Anda akan gunakan stik kayu untuk mengaduknya. Sedikit demi sedikit Anda akan lihat bahwa alkali ini mendidih dan sekarang ini menjadi sangat panas. Hati-hati bekerja dengan air reaksi kimia yang terjadi di sini.

Proses pembuatan tahap pertama

Untuk tempat anda bekerja harus ada ventilasi. Tujuannya untuk memberi ruang beberapa gas yang sangat beracun keluar dari ruangan. Selanjutnya kita akan memasang termometer di dalam dan membiarkannya sampai turun ke seratus derajat. hmmmmm, Saya ingin memanaskan minyak sampai sekitar seratus derajat termometer mulai dari 160. jadi sedikit menebak-nebak..hahahaha. Kemudian dengan sangat hati-hati tambahkan campuran alkali anda ke minyak anda.

Proses Pembuatan tahak kedua

Sekarang tinggal diaduk terus sampai mengental. Apa yang penting sekarang yaitu perlu terus mengaduk 15 sampai 20 menit hingga setengah jam terkadang lebih lama. Tergantung pada situasi yang selalu berbeda. Ada beberapa orang menggunakan mixer untuk proses ini dan itu adalah preferensi Anda. Sekarang anda akan melihat campuran minyak semakin kental, partikel kecil mengambang di dalamnya dan partikel kecil sabun mulai terbentuk. Anda bisa melihat beberapa busa mulai dari tepi. Anda dapat melihat lebih banyak partikel sabun. Semakin diaduk Anda dapat melihat lebih banyak busa terbentuk di atasnya. Anda itu melihat menjadi hampir seperti krim.

Proses pemadatan cairan

Anda dapat melihat ini telah menjadi sangat kental sekarang untuk proses pendinginan. Sekarang cairan yang mengental tadi siap untuk di tuang ke cetakan. Sebaiknya menggunakan cetakan silicon bake, karena bisa menahan hingga 170 derajat. Setelah semuanya sudah dituangkan ke cetakannya, lalu biarkan semalam dengan dibungkus handuk dan biakan perlahan-lahan mendingin. Setelah 24 jam, keluarkan secara perlahan dari cetakannya, lalu anda dapat mengirisnya menjadi sabun batangan.

Proses pembentukan menjadi sabun

Selanjutnya anda akan membiarkannya selama enam sampai delapan minggu. Hal itu dilakukan agar semua Alkali dan minyak menjadi sabun. Akhirnya selesailah proses semuanya dan seluruh bahan tadi sudah menjadi sabun. Kemudian Anda bisa menggunakannya sebagai sabun mandi biasa atau sabun cuci piring .

Terimakasih sudah membaca Cara Membuat Sabun dengan Ramuan Sederhana. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Rahayu.