Psikologi Kesehatan: Pengertian, Ruang Lingkup dan Peranan

Psikologi Kesehatan merupakan sebuah cabang ilmu yang masih belum merata secara meluas. Sebelum kita mengenal lebih jauh mengenai psikologi kesehatan, ada baiknya kita memahami sedikit mengenai psikologi secara umum dahulu.

photo by Doly Fillamenta

Pengertian Psikologi

Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya. Menurut asalnya katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani kuno: Psychē yang berarti jiwa dan logia yang artinya ilmu. Secara etimologis, pengertian psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Untuk lebih mendalam dapat dibaca di sini

Pengertian Psikologi Kesehatan

Psikologi kesehatan adalah ilmu yang mempelajari pengaruh psikologis terhadap bagaimana orang menjadi sehat atau sakit dan bagaimana respon seseorang dalam menghadapi kondisi sakit.

Ruang Lingkup Psikologi Kesehatan

Secara umum ada 3 (tiga) ruang lingkup Psikologi Kesehatan yaitu:

1. Meningkatkan Komunikasi dokter dengan pasien

Dengan adanya proses ini, maka komunikasi antara dokter dengan pasien terdapat beberapa kendala diantaranya adalah:

  • Kurangnya pemahaman tentang istilah medis khususnya anatomy
  • Proses pengambilan keputusan dari pasien menjadi terhambat
  • Tindakan dokter masih harus dikaji lebih komprehensip sebelum memulai diagnosis dan pengobatan.

2. Meningkatkan Kepatuhan untuk Nasihat Medis

Setelah terjadi kesepakatan dalam proses komunikasi dua arah antara dokter dengan pasien, maka dapat dilanjutkan dengan langkah selanjutnya adalah pengobatan. Proses ini harus dipatuhi oleh pasien, sehingga terjadi feedback yang cukup baik dalam hal pengobatan yang dilakukan oleh dokter.

3. Mengelola Rasa Sakit

Ruang lingkup yang terakhir adalah proses dimana dokter mulai memberikan pengobatan secara detail. Maksudnya adalah dokter dapat memberikan dan merujuk kepada pasien menggunakan pengobatan seperti apa dan menggunakan obat yang mana.

Peranan Psikologi Kesehatan

Peranan Psikologi Kesehatan salah satunya adalah sebagai “pencegahan” penyakit medis dan non medis. Maksudnya adalah proses penyembuhan sebuah penyakit dibutuhkan sebuah keadaan seorang pasien harus benar-benar merasa nyaman. Keadaan nyaman yang dirasakan pasien dapat berdampak kepada proses pemulihan yang akan dihadapi oleh pasien. Sebagai contoh misalnya pasien mengalami sakit kepala yang hebat, dengan sugesti yang kurang baik dari beberapa kolega sang pasien tentang sakitnya itu maka dapat mengakibatkan pesimis dan emosi dari sang pasien tersebut. Peranan psikologi kesehatan untuk mengatasi sugesti tersebut sangat besar, sehinga pasien merasakan optimis dari pemahaman yang diberikan oleh dokter dalam proses penyembuhan sang pasien. Sugesti dan pesimis tadi dapat dengan mudah disaring oleh sang pasien selama proses pengobatannya.

Demikianlah secara umum mengenai psikologi kesehatan. Untuk mengunduh materi dasar bisa melalui tautan di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *