3 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

Puasa itu Apa Sih?

Puasa merupakan sebuah kegiatan yang secara umum adalah menahan lapar dan haus. Ada banyak macem dan cara berpuasa, 2 diantaranya yaitu puasa untuk diet dan untuk inadah. Puasa untuk diet salah satunya adalah IF atau Intermitent Fasting. Cara melakukan IF ini hanya berpuasa (menahan haus dan lapar) dengan menggunakan beberapa sistem siklus jam yaitu 12 jam, 8 jam, 6 jam, 4 jam dan 1 jam. Nah puasa yang berikutnya adalah puasa ramadhan yang merupakan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Berbeda dengan IF, puasa ramadhan ini prosesnya adalah dimulai dari imsak (tanda waktu 10 menit sebelum adzan shubuh) sampai adzan maghrib. Selain itu di dalam Puasa ramadhan tidak hanya menahan lapar dan haus tetapi juga menahan hawa nafsu apapun bentuknya. Apakah bisa tubuh tetap sehat dan bugar saat berpuasa?

Bagaimana Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa?

Menahan haus dan lapar dalam waktu yang cukup lama dapat membuat tubuh kita menjadi “lemes”. Lantas bagaimana agar tubuh kita tetep sehat dan bugar?. Nah baiklah berikut akan saya berikan 3 tips agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

1. Minum Air Mineral yang Cukup

Puasa dapat membuat kita menjadi kurang asupan cairan bahkan dehidrasi. Waktu normal selain puasa saja kita diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan cairan sebanyak kurang lebih 8 liter setiap harinya. Imsak sampai adzan maghrib sekitar kurang lebih 14 jam. Selama 10 jam harus dapat memenuhi kebutuhan cairan.

2. Olahraga Sesuai Hobi

Setelah asupan cairan terpenuhi, selanjutnya adalah olahraga. Selain membuat tubuh sehat, olahraga dapat membuat metabolisme dan aliran darah menjadi lancar. Apakah bisa dan mungkin ya selama berbuasa kita melakukan olahraga?. Jawabnya sangat mungkin, kok bisa?. Iya bisa banget. Banyak cara berolahraga baik ringan sampai berat. Kalau saya bisanya melakukan Olahraga di sore hari jam 16.00 ke pusat kebugaran fitnes selama kurang lebih 30-60 menit. Selanjutnya setelah tarawih, saya melakukan olahraga Yoga dan meditasi. Bagi temen-temen sekalian silahkan memilih jenis olahraga yang sesuai hobi dan selera masing-masing. Siklus latihannya tidak harus setiap hari, anda bisa melakukannya sebanyak 3 kalo dalam seminggu, misalnya hari senin-rabu-jum’at. Jangan lupa berikan tubuh untuk istirahat.

3. Tidur Yang Berkualitas

Tidur merupakan kegiatan yang berfungsi untuk mengembalikan stamina tubuh. Peneliti banyak mengungkapkan bahwa waktu tidur yang baik adalah 6 sampai 8 jam. Apakah mungkin saat berpuasa kita bisa memenuhi waktu tidur tersebut?. Sangat Bisa!! Kenapa saya berkata sangat bisa, karena selama berpuasa kita juga melakukan kegiatan kita sehari-hari. Selanjutnya kita juga sudah memenuhi asupan cairan dan berolahraga. Dengan siklus tersebut yang kita butuhkan adalah tidur yang berkualitas dan tidak harus 6-8 jam. Bagaimana tidur yang berkualitas itu?. Proses tidur berkualitas itu dapat terjadi apabila peredaran darah dan tubuh dalam keadaan sehat dan bugar. Apabila anda kurang asupan cairan dan berolahraga akan sulit untuk menggapai tidur yang berkualitas.

Demikianlah 3 tips agar tubuh tetap sehat dan bugar saat berpuasa. Selamat menjalankan ibadah puasa. Rahayu 🙏🙏

Lihat juga: How to Start Spiritualy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *