Cara Membedakan Chord Mayor dan Minor

Intro

Chord Mayor dan Minor dalam musik merupakan sebuah istilah yang dipakai dalam suatu musik. Lantas kenapa ada yang namanya mayor dan minor? . Kalau kita berbicara yang namanya mayor dan minor sudah pasti kita membayangkan suasana dari produksi suara tersebut. Kenapa demikian, karena jika didengarkan secara rileks akan mencapai ke kedalaman rasa yang merupakan bagian dari apa yang dinamakan “mood”. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat perbedaan mendasar dari mayor dan minor.

Lihat juga: Cara Menulis Proposal Pementasan

Chord Mayor dan Minor

Chord (atau biasa di baca akord, atau kunci) merupakan susunan nada yang umumnya terdiri dari 3 nada dan dibunyikan secara bersama-sama. Penyebutan chord ini biasa disebut “triad”. Kunci (chord) Mayor dan minor adalah istilah yang diberikan kepada hasil suara dari 3 nada yang dibunyikan bersama. Lantas apa itu chord mayor dan chord minor?. Baiklah kita pahami secara mendasar satu persatu.

Susunan Nada Untuk Chord Mayor

Nada mayor secara teori dalam musik terdapat pada tingkatan nada pertama, ke empat san ke lima. Seringvkita mendengar atau melihat simbol “I”, “IV”, dan “V”. Ketiga simbol itulah yang sering disebut “Chord/ Akord”. Misalnya “Chord I”. Susunan untuk nada mayor dari ketiga simbol tersebut adalah sebagai berikut:

I = 1 – 3 – 5

IV = 4 – 6 – 1

V = 5 – 7 – 2

Susunan Nada Untuk Chord Minor

Chord Minor dalam tingkatan chord menempat posisi nada ke 2, 3, dan 6. Sementara untuk nada ke 7 adalah diminis (akan kita bahas khusus nanti). Berikut susunan nada pada chord minor:

ii = 2 – 4 – 6

iii = 3 – 5 – 7

vi = 6 – 1 – 3

Lihat juga: Tangga Nada Mayor dan Minor

Naahh…bagaimana tidak sulit kan. Terimakasih sudah membaca cara membedakan ckord mayor dan minor. Semoga bermanfaat. Rahayu….🙏🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *