Perbedaan Nilai Nada dengan Nilai Ketukan

Not Balok Yang Membosankan

Perhitungan dalam musik sering dianggap remeh bagi sebagian masyarakat umum. Hal ini dipicu oleh “toge” atau not balok yang membuat malas untuk mempelajarinya. Selain daripada itu kebanyakan individu yang “baru” mengenal not balok ingin langsung memainkan sebuah lagu yang “ngehits”. Pentingnya mempelajari not balok adalah untuk mengenal sebuah karya yang belum terpublish. Kemudian not balok juga dapat membantu dalam pendokumentasian karya secara tertulis.

Nilai Nada VS Nilai Ketukan

Musik mempunyai beberapa hal yang harus dipahami, salah satunya adalah nilai nada. Fungsi nilai nada adalah untuk memahami seberapa lama nada tersebut dimainkan dan seberapa penting nada tersebut dalam sebuah lagu. Pemahaman nilai nada kadang membuat bingung bagi individu yang baru belajar membaca not balok. Hal ini terjadi karena “kebiasaan” dalam penggunaan “istilah” sehari-hari sehingga menjadi “terbiasa”.

Gambar di atas merupakan contoh dasar dari nilai nada yang ditulis dengan istilah wholenote, halfnote, quarter note, eight note dan sixteenth note. Kalau kita melihat kolom paling kiri itu menandakan nama nada yang diharafiahkan oleh negara Amerika dan Jerman, Sedangkan kolom paling kanan merupakan jumlah ketukan yang menggunakan istilah “beats“.

Lihat Juga: Tanda Tempo

Sebagai contoh untuk not “O” adalah not penuh (wholenote) yang mempunyai nilai satu (1) dan memngandung empat (4) Ketukan, dan sererusnya sampai not seperenambelas (dengan 2 bendera.

Naah bagaimana sudah gak bingung lagi kan antara nilai nada dan nilai ketukan. Semoga tulisan ini bermanfaat, terimakasih sebelum dan sesudahnya. Rahayu..🙏🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *