Isu Kesehatan Kontemporer: Hipertensi dan Jantung Koroner

Fillamenta.com – Dunia kesehatan khususnya kontemporer merupakan sebuah cabang yang berkaitan erat dengan istilah “kekinian” yang selalu ada. Kenapa dikatakan demikian?, karena dalam isu yang beredar di kesehatan kontemporer terdapat berbagai penyakit yang “tenar” atau tidak asing. Penyakit tersebut diantaranya adalah, Hipertensi, Jantung Koroner, Diabetes, HIV sampai Kanker. Pada tulisan ini akan kita bahas bersama mengenai Hipertensi dan Jantung Koroner.

Hipertensi

Penyakit ini sangat dekat dengan kehidupan masyarakat dari berbagai generasi, ya itulah Hipertensi. Dalam peosesnya penyakit ini berhubungan dengan gaya hidup dan pola makan, bahkan sari berbagai penelitian ada yang berasal dari DNA dan atau keturunan. Lantas apa itu Hipertensi?.

Hipertensi atau sering disebut juga tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang bisa dikatakan kronis yang terjadi akibat kenaikan tekanan darah sistolik (terjadi saat jantung berkontraksi) lebih dari 90 mmHg.

World Health Organization (WHO)
Lihat juga: 10 Tips Memgendalikan Emosi

Penyakit kronik satu ini sangat sulit untuk diketahui penyebabnya. Proses hipertensi sebetulnya dapat dilacak oleh penderitanya (dengan catatan memahami gejala dasarnya). Lantas apakah ada upaya untuk mengobati penyakit ini?. Tujuan utama dari pengobatan hipertensi adalah untuk “mengurangi” dan “mengintrol” tekanan darah sesuai target yan menderitanya.

Jantung Koroner

Pembahasan tentang jantung koroner masih terus berlanjut selagi individu tidak memperhatikan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Hal ini merupakan sebuah pemicu terbesar untuk hadirnya penyakit jantung koroner ini. Banyak istilah mengenai Jantung koroner ini diantaranya pembesaran jantung dan gagal jantung. Penyakit tersebut disebabkan oleh hipertensi yang tidak terkendali dan atau terkontrol.

Lihat Juga: 5 Tips Mengurangi Stress di Tempat Kerja

Proses terjadinya koroner ini adalah diawali dengan pembentukan plak yang dihasilkan oleh penumpukan lemak di dinding pembuluh darah atau aterosklerosis. Plak inilah yang menyebabkan penyempitan pembuluh koroner dan bisa terjadi penyumbatan secara tiba-tiba.

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Setelah memahami secara dasar mengenai hipertensi dan jantung koroner, sekarang kita setidaknya menyadari apa yang harus kita lakukan. Mulailah untuk hidup sehat. Berolahraga yang teratur, menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat, dan yang terpenting memahami gejala dasar serta pencegahan pertamanya.

Demikianlah Isu Kesehatan Kontemporer yang pertama yaitu Hipertensi dan Jantung koroner. Selanjutnya kita akan masuk ke materi Diabetes dan Obesitas. Sehat selalu..Rahayu..🙏🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *