Ukulele: Cara Memainkan dan Sejarah Singkatnya

Fillamenta – Semakin berkembangnya zaman, Ukulele sendiri bisa dikatakan merupakan alat musik yang unik. Kenapa tidak, karena instrumen atau alat musik ini bisa dimainkan hanya dengan 4 senar saja. Lain halnya dengan “chak“. Dalam keroncong ada dua jenis alat musik atau instrumen yang berbentuk gitar kecil yaitu “chuk” dan “chak“. keduanya sama tapi beda. Perbedaannya terletak pada senar dan jumlah senarnya yang dipakai. Kalau pada “chuk” dimainkan dengan menggunakan senar nylon dan jumlahnya adalah 4 senar. Sedangkan pada “chak” dimainkan menggunakan senar “kawat” atau disebut string, dan setiap senar tersebut digandakan atau didobel.

Nah untuk sekarang kita akan membahas “chuk” atau ukulele dahulu ya teman-teman. Setelah ini baru kita bahas alat musik atau imstrumen satunya yaitu “chak“.

Sejarah Singkat Ukulele

Ukulele pertamakali diperkenalkan oleh seorang pelaut dan pedagang. Pada awalnya instrumen diperkenalkan dan dimainkan di depan umum pertama kali oleh seorang pendatang Portugal Joao Fernandez, pada 1879. Seiring berjalannya waktu, Ukulele kemudian disebut dengan Braginho karena dibuat pertamakali di provinsi Braga, Portugal. Ada juga yang menyebut ukelele ini berasal dari Hawaii dan biasa disebut juga “kutu loncat”. Di indonesia alat musik atau instrumen ini mulai diperkenalkan pada tahun 1880 dan lebih dikenal sebagai salah satu instrumen untuk bermain keroncong.

Baca Juga: Cara Membedakan Chord Mayor dan Chord Minor

Jenis dan Ukuran Model Ukulele

Ada 4 jenis Model ukulele yang beredar simuka bumi ini yaitu:

  • Soprano (standard)- Ukuran 33 cm – Senarnya/Tala g’c’e’a’ atau a’d’f#’b’
  • Concert – Ukuran 38 cm – Senarnya/Tala g’c’e’a’
  • Tenor – Ukuran 43 cm – Senarnya/Tala g c’e’a’, g’c’e’a’, atau d’g b e’
  • Baritone – Ukuran 48 cm – Senarnya/Tala d g b e’

Cara Memainkannya

Alat musik atau instrumen ini bisa dimainkan menggunakan kuku jari (dengan dipetik dan di”genjreng” kebawah) dan pick (biasanya untuk gitar dan bass elektrik). Chord nya pun dalam instrumen ini hampir sama dengan gitar. Perbedaanya hanya terletak pda jumpah senarnya saja. Kalau di gitar umumnya terdiri dari 6 senar, sedangkan di ukulele hanya 4 senar. Jenis Senarnya pun di ukulele hanya memakai nylon, sedangkan di gitar bisa menggunakan nylon (biasanya untuk gitar klasik) dan string (untuk gitar elektrik dan folk).

Nah, demikianlah Cara Memainian Ukulele dan Sejarah Singkatnya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Rahayu Sagung Dumadi.

Sumber

Wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *