Sebagai seorang psikolog yang berpraktik dan pengamat yang tajam dari dunia barat, Carl Jung memperhatikan bahwa banyak orang pada zamannya menderita oleh perasaan lemah, tidak mampu, dan putus asa yang melemahkan. Selama beberapa bab dalam Volume 10 dari kumpulan karyanya, Jung memeriksa masalah ini dan sampai pada kesimpulan bahwa perasaan seperti itu disebabkan oleh apa yang dia sebut sebagai masalah spiritual. Masalah spiritual ini terus menjadi masalah bagi banyak orang di dunia modern. Dan keberadaannya yang tersebar luas merupakan ancaman besar bagi kebebasan dan kemakmuran masyarakat barat. Karena tidak hanya mereka yang menderita olehnya menderita sebagai individu, tetapi karena semakin banyak yang menjadi korbannya, stabilitas masyarakat goyah, dan potensikerusuhan politik dan sosial meningkat. Jung mengamati konsekuensi sosial dari masalah ini bermain [secara langsung] dalam bentuk dua perang dunia dan munculnya negara totaliter. Dia sangat terkejut dengan peristiwa ini sehingga dia mencoba yang terbaik untuk Menyampaikan wawasannya kepada orang lain dengan harapan dapat mencegahkejadian serupa di masa depan.
Munculnya Masalah Spiritual
Jung percaya bahwa munculnya masalah spiritual ini bertepatan dengan menurunnya pengaruh agama-agama tradisional, terutama agama Kristen, terhadap masyarakat barat selama beberapa abad terakhir. Mengesampingkan agama-agama ini memiliki banyak efek Tapi yang Jung lihat sebagai yang paling mendesak adalah kenyataan bahwa hal itu memaksa banyak orang untuk menghadapi dilema eksistensial [dari] kehidupan manusia tanpa penopangdogma agama yang membantu. Betapa sangat berbedanya dunia inibagi manusia abad pertengahan! Baginya Bumi adalah kekal dandiam di pusat alam semesta. Semua manusia adalah anak-anak Allah dibawah asuhan kasih dari Yang Mahatinggiyang mempersiapkan mereka untuk berkat abadi dan semua tahupersis apa yang [harus] mereka lakukan dan [bagaimana] mereka harus berperilakuuntuk bangkit dari dunia yang fana ke dunia yang tidak fana dan tidak fana.Keberadaan Yang Menggembirakan
Kehidupan seperti itu tidak lagi tampak nyata bagi [kita] bahkan dalam mimpi kita. Selain munculnya sekularisme Jung mengemukakan bahwa perkembangan masyarakat massa modern juga berperandalam munculnya masalah spiritual. Masyarakat Modern muncul selama [revolusi] industri ketika sebagian besar penduduk didorong dari kota-kota kecil ke kota-kota besar - untuk mencari pekerjaan dan kesempatan, memicu lahirnya masyarakat massa. Sementara perkembangan masyarakat massa menghasilkan keuntungan melalui intensifikasi pembagian kerja, hal itu juga membawa masalah yang berbahaya. Bentuk eksistensi baru ini, tulis Jung, menghasilkan individu yang tidak stabil, tidak aman, dan mudah disugesti.
Di masa keputusasaan, orang-orang [kuno] memandang dewa-dewa yang menghuni lautan, hutan, dan langit untuk regenerasi. Dalam pandangan individu modern, yang baginya semua dewa telah mati, harus melihat kekuatan di dalam untuk mencari jawaban atas masalah spiritual yang mengganggu mereka. Menemukan jawaban, pikirnya, seseorang tidak hanya akan menyembuhkan penyakit spiritual yang menimpa mereka secara pribadi --tetapi juga akan berkontribusi pada pembaruan dunia yang tersesat dalam kegelapan dominasi negara. Kecil dan tersembunyi adalah pintu yang mengarah ke dalam, dan pintu masuknya terhalang oleh prasangka yang tak terhitung banyaknya,asumsi yang salah, dan ketakutan. Selalu orang ingin mendengar skema politik dan ekonomi yang besar, hal-hal yang telah membuat setiap bangsa berada dalam rawa. Oleh karena itu kedengarannya aneh ketika seseorang berbicara tentang pintu tersembunyi, mimpi, dan dunia di dalamnya. Apa hubungan idealisme hambar dengan program ekonomi raksasa, dengan apa yang disebut masalah realitas? Tetapi saya tidak berbicara kepada bangsa-bangsa, hanya kepada segelintir individu, yang untuknya tidak perlu dikatakan bahwa nilai-nilai budaya tidak jatuh seperti manna dari Surga, tetapi diciptakan oleh tangan-tangan individu.Jika ada yang salah di dunia ini karena ada yang salah dengan individu, karena ada yang salah dengan saya.
Ketidakamanan Individu Dalam Masyarakat
Ketidakamanan individu dalam masyarakat adalah fungsi dari banyaknya orang yang mengelilinginya - semakin besar kerumunan, semakin hilang perasaan individu tersebut. Namun ketidakamanan ini juga dipicu, menurut Jung, oleh munculnya pola pikir rasional dan ilmiah yang mengiringi revolusi industri dan [lembur] yang semakin menjenuhkan pelosok masyarakat. Pada abad ke-19 dan terlebih lagi pada abad ke-20 , para perencana sosial, politisi,dan pemimpin berbagai industri, terpesona oleh buah-buahan yang dihasilkan oleh penyelidikan ilmiah di bidang industri dan kedokteran , menjadi percaya bahwa metode sains dapat digunakan untuk merombak masyarakat. Hasil dari gerakan ini adalah massifikasi masyarakat yaitu peningkatan keseragaman dan penurunan drastis kepentingan individu. Karena untuk memodelkan dan kemudian membentuk kembali masyarakat berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah dan rasional , keunikan individu harus ditiadakan demi rata-rata statistik, dan desain ulang Masyarakat diberlakukan olehsekelompok elit, atau Teknokrat, yang memandang manusia. hanya sebagaiabstraksi, unit sosial homogen untuk dikelola dan dimanipulasi. Efek berbahaya dari upaya menggunakan ilmu pengetahuan untuk merombak individu dan masyarakat, efek yang masih dimainkan sampai sekarang, dijelaskan oleh [Jung]. Di bawah pengaruh asumsi ilmiah, tidak hanya jiwa tetapi individu manusia dansemua peristiwa individu apa pun mengalami penurunan level dan proses pengaburan yang mendistorsi gambaran realitas menjadi rata-rata konseptual .Efek Dunia Dengan Gambaran Statistik
Efek dari gambaran dunia statistik Ini mengesampingkan individu demi unit anonim yang menumpuk menjadi formasi Massa ... Sebagai unit sosial, dia telah kehilangan individualitasnya dan menjadi angka abstrak belaka di biro statistik. Dia hanya dapat memainkan peran sebagai unit yang dapat dipertukarkan dengan kepentingan yang sangat kecil." Ketidakpastian eksistensial yang dibawa oleh kemerosotan agama dan berkurangnya kepentingan individu dalam masyarakat massa telah digabungkan untuk menciptakan situasi di mana sebagian besar orang memandang diri mereka sendiri sebagai makhluk yang tidak penting dan tidak berdaya. Pola pikir ini bisa sangat merugikan, karena seperti yang ditemukan pada masa muda, "Ketika sikap sadar individu kurang dalam cara yang merugikan kesehatan psikologis, mekanisme pengaturan diri dari jiwa akan menghasilkan kompensasi tidak sadar - dalam upaya untuk memperbaiki sikap sadar yang salah, dan membawa jiwa kembali ke keseimbangan relatif Mereka yang menderita masalah spiritual karena perasaan tidak berarti mereka tidak memiliki tingkat efikasi diri yang tepat yang diperlukan untuk kesehatan psikologis Jung mengusulkan bahwa untuk mengkompensasi kekurangan ini, ketidaksadaran menghasilkan kompensasi dalam bentuk rasa lapar yang kuat akan kekuasaan.Kelemahan Individu
Perasaan kelemahan individu, memang tidak ada, dikompensasi oleh ledakankeinginan kekuasaan yang sampai sekarang tidak diketahui. Ini adalah pemberontakan yang tak berdaya, keserakahan yang tak terpuaskan dari " Kekurangan". Kompensasi dapat bermanfaat jika seseorang mampu mengintegrasikan isi kompensasi dari ketidaksadaran ke dalam kesadarannya. ness sehingga membawa lebih banyak keseimbangan untuk pikiran sadar mereka dan peningkatan keseluruhan untuk kesehatan psikologis mereka. Namun - jika isi kompensasi yang tidak disadari, yang dalam kasus masalah spiritual berupa nafsu akan kekuasaan tetap tersembunyi di bawah sadar, kompensasi dapat terbukti sangat berbahaya. "Jika gerakan kompensasi dari ketidaksadaran seperti itu tidak diintegrasikan ke dalam kesadaran pada seorang individu, tulis Jung, itu mengarah pada neurosis atau bahkan psikosis." Jika keinginan kompensasi untuk kekuasaan tidak terintegrasi ke dalam kesadaran Jung memperingatkan bahwa seseorang akan dirasuki oleh dorongan bawah sadar untuk kekuasaan dan mencarinya dengan cara apa pun. Gagal menemukannya dalam kehidupan pribadi mereka karena perasaan impotensi yang mendalam, orang-orang seperti itu sangat mungkin tertarik pada ideologi kolektif, gerakan massa, dan institusi yang mereka pandang memiliki kekuatan yang mereka sebagai individu [kurang].Berperannya Kebijakan Negara
Jika individu, yang diliputi oleh rasa ninis dan impotensinya sendiri, harus merasa bahwa hidupnya telah kehilangan maknanya, maka dia sudah berada di jalan untuk tetap menjadi budak dan, tanpa mengetahui atau menginginkannya, telah menjadi penganutnya. Ketika proses psikologis ini terjadi dalam skala massal, masyarakat menjadi sangat rentan terhadap munculnya tirani negara. Jung menggambarkan proses ini dalam bagian mengerikan berikut: "Daripada individu konkret, Anda memiliki nama organisasi dan pada titik tertinggi, gagasan abstrak Negara sebagai prinsip realitas politik. Tanggung jawab moral individu kemudian mau tidak mau digantikan oleh kebijakan Negara.Tujuan Dan Makna Kehidupan Individu
Alih-alih diferensiasi moral dan mental individu, Anda memiliki kesejahteraan publik dan peningkatan standar hidup . Tujuan dan makna kehidupan individu, yang merupakan satu-satunya kehidupan nyata, tidak lagi terletak dalam perkembangan individu tetapi dalam kebijakan negara, yang didorong oleh individu dari luar . Individu semakin kehilangan keputusan moral tentang bagaimana dia harus menjalani hidupnya sendiri dan sebaliknya dia diperintah, diberi makan, diberi pakaian, dan dididik sebagai unit sosial... ...dan terhibur sesuai dengan standar yang memberikan kesenangan dan kepuasan kepada massa." Bentuk distopia ini terjadi dalam berbagai tingkatan [di] abad ke-20 [dan] tampaknya muncul kembali di barat hari ini. Sementara banyak orang menyadari bahaya yang ditimbulkan oleh keberadaan negara terpusat, sebagian besar bereaksi terhadap pertumbuhan kekuatan Negara dengan perasaan putus asa, percaya bahwa tidak ada yang dapat merekalakukan sebagai individu.Analisis Jung
Analisis Jung sangat mendalam karena ia menyarankan bahwa munculnya tirani negara adalah produk sampingan dari proliferasi masalah spiritual yang menimpa dunia modern dan dengan demikian dapat ditundukkan jika lebih banyak orang belajar untuk menyelesaikan masalah spiritual yang mempengaruhi kehidupan mereka sendiri. Jung memberikan harapan bahwa banyak orang di barat mampu mencapai ini dan melihat bukti potensi tersebut dalam pertumbuhan bidang psikologi di abad ke-20 dan dalam keinginan yang meningkat dari banyak orang untuk mengeksplorasi kedalaman jiwa mereka untuk mencari Pengetahuan diri. Bagi [saya] Inti masalah spiritual hari ini, tulisnya, dapat ditemukan dalam daya tarik yang dimiliki jiwa terhadap manusia modern. Jika kita cenderung optimis, kita akan melihat di dalamnya janji perubahan spiritual yang luas di dunia Barat. Di semua acara. Ini adalah fenomena yang signifikan... Penting karena menyentuh mereka yang irasional dan sebagaimana sejarah menunjukkan kekuatan psikis yang tak terhitung yang mengubah kehidupan masyarakat dan peradaban dengan cara yangtak terduga dan tak terduga. Ini adalah kekuatan yang masih tidak terlihat oleh banyak orang saat ini, yang berada di dasar kepentingan psikologis saat ini.Dewa Dan Pandangan Manusia Modern
Di masa keputusasaan, orang-orang [kuno] memandang dewa-dewa yang menghuni lautan, hutan, dan langit untuk regenerasi. Dalam pandangan individu modern, yang baginya semua dewa telah mati, harus melihat kekuatan di dalam untuk mencari jawaban atas masalah spiritual yang mengganggu mereka. Menemukan jawaban, pikirnya, seseorang tidak hanya akan menyembuhkan penyakit spiritual yang menimpa mereka secara pribadi --tetapi juga akan berkontribusi pada pembaruan dunia yang tersesat dalam kegelapan dominasi negara. Kecil dan tersembunyi adalah pintu yang mengarah ke dalam, dan pintu masuknya terhalang oleh prasangka yang tak terhitung banyaknya,asumsi yang salah, dan ketakutan. Selalu orang ingin mendengar skema politik dan ekonomi yang besar, hal-hal yang telah membuat setiap bangsa berada dalam rawa. Oleh karena itu kedengarannya aneh ketika seseorang berbicara tentang pintu tersembunyi, mimpi, dan dunia di dalamnya. Apa hubungan idealisme hambar dengan program ekonomi raksasa, dengan apa yang disebut masalah realitas? Tetapi saya tidak berbicara kepada bangsa-bangsa, hanya kepada segelintir individu, yang untuknya tidak perlu dikatakan bahwa nilai-nilai budaya tidak jatuh seperti manna dari Surga, tetapi diciptakan oleh tangan-tangan individu.Jika ada yang salah di dunia ini karena ada yang salah dengan individu, karena ada yang salah dengan saya.
Oleh karena itu jika saya merasakan hal itu dapat masuk akal, saya akan menempatkan diri saya terlebih dahulu. Untuk ini saya perlu memahaminya dengan jelas karena otoritas luar tidak lagi berarti apa-apa bagi saya. Pengetahuan tentang fondasi terdalam dari keberadaan saya , agar saya dapat mendasarkan diri dengan kuat padaf akta-fakta abadi dari jiwa manusia."
Sumber Bacaan
Crowley, Vivianne.2012.Jungian Spirituality: The only introduction you'll ever need (The Paranormal).Britania Raya: David & Charles
Posting Komentar
Posting Komentar